Jumat, 15 Februari 2013

Bintang Arcturus

Arcturus atau bintang Biduk (α Boo / α Boötis / Alpha Boötis) (IPA: [aɹkˈtjuɹəs]) adalah bintang paling terang di rasi Boötes, dengan magnitudo tampak −0.05  yang merupakan salah satu dari rasi bintang tertua di langit malam. Arcturus adalah sebuah bintang raksasa merah dengan kelas spektrum K1,5 IIIpe. Penampakan terbaiknya adalah sekitar bulan April.
Arcturus berasal dari bahasa Yunani kuno Αρκτορος (Arktouros), berarti "penjaga beruang". Nama ini merepresentasikan kecemerlangan bintang ini di rasi Boötes (berada di kaki kiri sang penggembala) dimana sang penggembala berada di depan sang Beruang Besar dan sang Beruang Kecil (rasi Ursa Major dan Ursa Minor).
Di daerah Arab, bintang ini merupakan salah satu bintang yang disebuk al-simāk "yang ditinggikan", di samping Spica. Arcturus, kemudian disebut السماك الرامح as-simāk ar-rāmiħ "salah satu pelempar lembing yang ditinggikan". kemudian diromanisasi menjadi Aramec dan Azimech. Nama Arab lainnya adalah Haris-el-sema, from حارس السماء ħāris al-samā’ "penjaga langit."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar